Langsung ke konten utama

Sistem Koordinasi Pada Manusia

Halo Peserta Didik!
Selamat datang di blog pengajar.
Blog ini sebagai salah satu media belajar peserta didik dalam mempelajari materi sistem koordinasi manusia. Adapun Kompetensi Inti, Kompetensi Dasar, indikator, dan tujuan pembelajaran dalam pelaksanaan pembelajaran materi sistem koordinasi pada manusia sebagai berikut.

A. Kompetensi Inti

● KI-1 dan KI-2: Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), bertanggung jawab, responsif, dan pro-aktif dalam berinteraksi secara efektif sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan, keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, kawasan regional, dan kawasan internasional. ·

● KI-3: Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.·

● KI-4: Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan.


B. Kompetensi Dasar dan Indikator

Kompetensi Dasar

Indikator

Pertemuan

1.1

Mengagumi keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan  Yang Maha Esa tentang keanekaragaman hayati, ekosistem, dan lingkungan hidup.

1.1.1

Menunjukkan rasa kekaguman dan penghayatan terhadap ciptaan Tuhan Yang Maha Esa yaitu tentang keberadaan sistem koordinasi pada manusia

4 Pertemuan

2.1

Berperilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; disiplin, jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) secara gotong royong, kerjasama, responsif dan proaktif dalam melakukan percobaan dan berdiskusi

2.1.1

Menunjukkan sikap sopan kepada guru dan antar peserta didik saat melaksanakan diskusi dan presentasi

2.1.2

Menunjukkan sikap bekerja sama kepada guru dan antar peserta didik saat melaksanakan diskusi dan presentasi

2.1.3

Menunjukkan sikap kritis saat melaksanakan diskusi dan presentasi

2.1.4

Menunjukkan sikap teliti saat melaksanakan diskusi dan presentasi

2.1.5

Menunjukkan sikap bertanggung jawab saat melaksanakan diskusi dan presentasi

3.10

Menganalisis hubungan antara struktur jaringan penyusun organ pada sistem koordinasi dan mengaitkannya dengan proses koordinasi sehingga dapat menjelaskan peran saraf dan hormon, dan alat indera dalam mekanisme koordinasi dan regulasi serta gangguan fungsi yang mungkin terjadi pada sistem koordinasi manusia melalui studi literatur, pengamatan, percobaan, dan simulasi.

3.10.1

Menganalisis penyusun sistem saraf manusia melalui pengamatan gambar dan video

Pertemuan Ke-1

Sistem Saraf Pada Manusia

3.10.2

Mengaitkan struktur, fungsi, dan proses pada sistem saraf manusia berdasarkan konsep yang telah dipelajari

3.10.3

Menunjukkan efek stimulasi sistem saraf otonom terhadap berbagai organ berdasarkan konsep yang telah dipelajari menggunakan tabel.

3.10.4

Membuat media presentasi terjadinya gerak refleks dan gerak biasa melalui program komputer.

3.10.5

Menganalisis penyusun sistem indera manusia melalui pengamatan video dan literasi.

Pertemuan Ke-2

Sistem Indera Pada Manusia

3.10.6

Mengaitkan struktur, fungsi, dan proses sistem indra manusia berdasarkan konsep yang telah dipelajari.

3.10.7

Menyajikan hasil analisa setelah melakukan percobaan tentang cara kerja sistem indra.

3.10.8

Menganalisis penyusun sistem hormon manusia melalui pengamatan gambar dan video.

Pertemuan Ke-3

Sistem Hormon atau Endokrin Pada Manusia

3.10.9

Menelaah fungsi setiap hormon yang dihasilkan  dalam sistem hormon manusia berdasarkan konsep yang telah dipelajari.

3.10.10

Memproyeksikan mekanisme umpan balik dalam pengaturan sistem endokrin manusia berdasarkan konsep yang telah dipelajari menggunakan diagram alir.

3.10.11

Menganalisis macam-macam kelainan pada sistem koordinasi manusia berdasarkan konsep yang telah dipelajari.

Pertemuan Ke-4

Kelainan Pada Sistem Koordinasi Manusia

3.10.12

Menyimpulkan gejala, penyebab, dan pencegahan/pengobatan pada kelainan atau penyakit yang terjadi pada sistem koordinasi manusia berdasarkan konsep yang telah dipelajari.

4.10

Menyajikan hasil analisis data dari berbagai sumber (studi literatur, pengamatan, percobaan, dan simulasi) pengaruh pola hidup dan kelainan pada struktur dan fungsi organ sistem koordinasi yang menyebabkan gangguan sistem saraf dan hormon  pada manusia melalui berbagai bentuk media informasi

4.10.1

Membuat poster online mengenai bentuk, gejala, penyebab, dan pencegahan/pengobatan terhadap kelainan atau penyakit, yang terjadi pada sistem koordinasi manusia berdasarkan konsep yang telah dipelajari.


C. Tujuan Pembelajaran

1. Setelah peserta didik menyaksikan tayangan gambar dan video tentang penyusun sistem saraf manusia, peserta didik dapat menganalisis penyusun sistem saraf manusia dengan kritis, teliti, dan bertanggung jawab.

2. Setelah peserta didik berliterasi dan menyaksikan tayangan gambar dan video tentang struktur, fungsi, dan proses pada sistem saraf manusia, peserta didik dapat mengaitkan stuktur, fungsi, dan proses pada sistem saraf manusia berdasarkan konsep yang telah dipelajari dengan kritis, teliti, dan bertanggung jawab.

3. Setelah peserta didik berliterasi dan menyaksikan tayangan gambar dan video tentang sistem saraf manusia, peserta didik dapat menunjukkan efek stimulasi sistem saraf otonom terhadap berbagai organ berdasarkan konsep yang telah dipelajari menggunakan tabel dengan kritis, teliti, dan bertanggung jawab.

4. Setelah peserta didik berliterasi dan berdiskusi, peserta didik dapat membuat media presentasi terjadinya gerak refleks dan gerak biasa melalui program komputer dengan kreatif, mandiri, dan bertanggung jawab.

5. Setelah peserta didik menyaksikan tayangan gambar dan video tentang penyusun sistem indra manusia, peserta didik dapat menganalisis penyusun sistem indra manusia berdasarkan konsep yang telah dipelajari  dengan kritis, teliti, dan bertanggung jawab.

6. Setelah peserta didik berliterasi dan menyaksikan tayangan gambar dan video tentang struktur, fungsi, dan proses pada sistem indra manusia, peserta didik dapat mengaitkan struktur, fungsi, dan proses pada sistem indra manusia berdasarkan konsep yang telah dipelajari dengan kritis, teliti, dan bertanggung jawab.

7. Setelah peserta didik melakukan percobaan tentang cara kerja sistem indra melalui kegiatan kerja kelompok dan diskusi, peserta didik dapat menyajikan hasil analisa cara kerja sistem indera dengan sopan dan bertanggung jawab.

8. Setelah peserta didik menyaksikan tayangan gambar tentang penyusun sistem hormon manusia, peserta didik dapat menganalisis penyusun sistem hormon  manusia berdasarkan konsep yang telah dipelajari  dengan kritis, teliti, dan bertanggung jawab.

9. Setelah peserta didik berliterasi dan menyaksikan tayangan gambar dan video tentang struktur, fungsi, dan proses pada sistem hormon manusia, peserta didik dapat menelaah struktur, fungsi, dan proses pada sistem hormon  manusia berdasarkan konsep yang telah dipelajari  dengan kritis, teliti, dan bertanggung jawab.

10. Setelah peserta didik berliterasi dan menyaksikan tayangan gambar dan video mengenai mekanisme umpan balik dalam pengaturan sistem endokrin manusia, peserta didik dapat memproyeksikan mekanisme umpan balik dalam pengaturan sistem endokrin berdasarkan konsep yang telah dipelajari menggunakan diagram alir dengan kreatif dan bertanggung jawab.

11. Setelah peserta didik menyaksikan tayangan gambar dan mengumpulkan informasi tentang penyusun sistem koordinasi  manusia, peserta didik dapat menganalisis macam-macam kelainan pada sistem koordinasi manusia berdasarkan konsep yang telah dipelajari dengan kritis, teliti, dan bertanggung jawab.

12. Setelah peserta didik berliterasi dan menyaksikan tayangan gambar dan video tentang gejala, penyebab, dan pencegahan/pengobatan pada kelainan atau penyakit yang terjadi pada sistem koordinasi manusia , peserta didik dapat menyimpulkan gejala, penyebab, dan pencegahan/pengobatan pada kelainan atau penyakit yang terjadi pada sistem koordinasi manusia berdasarkan konsep yang telah dipelajari dengan kritis, teliti, dan bertanggung jawab.

13. Setelah peserta didik berliterasi dan menyaksikan tayangan gambar dan video mengenai gejala, penyebab, dan pencegahan/pengobatan pada kelainan atau penyakit yang terjadi pada sistem koordinasi manusia, peserta didik dapat membuat poster online mengenai bentuk, gejala, penyebab, dan pencegahan/pengobatan terhadap kelainan atau penyakit, yang terjadi pada sistem koordinasi manusia berdasarkan konsep yang telah dipelajari dengan kreatif dan bertanggung jawab.


Adapun link untuk peserta didik dalam melakukan kegiatan pembelajaran di bawah ini.
  1. Link Daftar Hadir : https://forms.gle/xATGWXLH9abCzKWg8 
  2. Link Google Classroom :
    • Kode Kelas XI IPA 1 :
    • Kode Kelas XI IPA 2 :
    • Kode Kelas XI IPA 3 :
    • Kode Kelas XI IPA 4 :
    • Kode Kelas XI IPA 5 :
    • Kode Kelas XI IPA 6 :
    • Kode Kelas XI IPA 7 :
    • Kode kelas XI IPA 8 :
  3. Link Kelas Sinkron Virtual


-πŸ˜€πŸ˜€πŸ˜€πŸ˜€SELAMAT BELAJAR DAN TETAP SEMANGAT !!πŸ˜€πŸ˜€πŸ˜€πŸ˜€-


Komentar